Rabu, 11 Mei 2011

Resep Bakso



Bahan-bahan:
5 butir telur rebus
250 gr daging sapi giling
1 butir putih telur ukuran besar
2 sdm bawang putih goreng
1 1/2 sdm bawang merah goreng
1 1/2 sdt Garam
1/4 sdt merica putih
1 sdt gula pasir
50 gr Tepung Tapioka / Sagu
1 sdt baking powder

Kuah bakso :
Air
tulang sapi
bawang putih goreng
merica bubuk
garam dan gula
daun seledri dan daun bawang untuk taburan
bawang merah goreng untuk taburan



Petunjuk
1. Masukkan daging giling ke dalam Food Processor, giling sampai halus, keluarka dari FP. Kalau daging giling beli di supermarket bisa langsung digiling, kalo enggak biarkan dalam kulkas 1 malam.
2. Masukkan semua bumbu kecuali putih telor, tapioka dan baking powder ke dalam FP, giling sampai halus. Lalu masukkan daging giling dan putih telur, giling lagi sampai halus.
3. Terakhir masukkan tapioka/sagu dan baking powder, giling sampai halus. Jadi proses penggilingan daging ada 3 kali digiling pakai FP.
4. Diamkan adonan daging didalam kulkas selama minimal 3 jam. Kalau daging lebih dari 1 kilo minimal 6 jam diamkan di kulkas supaya benar2 dingin.
5. Rebus bahan kuah bakso sampai mendidih dan tanak.
6. Ambil telur ayam rebus, selimuti dengan adonan daging, haluskan bentuknya biar bundar spt bola tennis. Sisa adonan daging bisa dibentuk bulat menjadi bakso biasa tanpa isi.
7. Rebus bakso hingga matang dan mengapung.
8. Taruh dimangkok, taburi dengan daun seledri, daun bawang dan bawang merah goreng.
Jangan lupa kecap manis dan sambal ya..... 


Bahan
500 g daging cincang sapi
250 gram ayam (karena ga ada ayam cincang saya ambil daging dari 2 bagian dada bawah dan paha ayam, schenkel lah basa Jermannya) ini diiris dan dicacah pake piso
Telur 3 buah kocok
Bwg putih bubuk 0,5 sdm rata
Kaldu block 1
Garam 1 sdt
Merica 1 sdt
Tepung tapioka 8 muncung sdm (atau tepung ketan - klebreis mehl!, baso jadi tambah kenyal)
Telur rebus


Cara : Campurkan, daging+bumbu2 kecuali tepung, setelah rata, campurkan tepung, campuran masih berwarna merah tapi tidak nempel di wadah, kalau masih nempel tambah per 1 sdm. Bentuk dengan sendok atau tangan bisa. Kebetulan tangan MB soalnya gede. Hehehe. Masukkan ke dapam panci yang belum mendidih sekali, jadi dimasukkinnya dari awal. Sampai mengapung coba dulu masukkin 1, kalau kurang garam tambahkan sama adonan, panci pinggirkan dulu biar airnya tidak terlalu mendidih. Lanjutkan dengan adonan yang lain. Selamat mencobahhhhhhh

Bahan kuah :
Rebus tulang2 ayam, sampai matang, kemudian tambahkan 5 butir bawang putih cacah yang ditumis (bersama minyaknya). Jangan lupa garamnya yah sesuai selera.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar