Rabu, 11 Mei 2011

Resep serundeng kelapa





Bahan:
100 gr kelapa parut kering
3 lbr daun jeruk, iris2
Bumbu halus:
1-2 bh cabe merah
3 bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1 sdm ebi, sangrai
Cara mebuat:
Campur kelapa kering dengan bumbu halus dan daun jeruk.
Kemudian sangrai sampai matang dan cukup kering.
Taburkan di atas nasi.
*****
Versi II
Sumber: ???
BAHAN: 
kelapa parut kering kira-kira 250 gr/ kalau basah 500 gram an, tapi berarti nggak perlu santan lagi
santan encer dua gelas (kalau pake santan bubuk 2 sdm kali)
BUMBU: 
garam
gula jawa
asam jawa sedikit
lengkuas parut
salam
serai
ketumbar 1/2 sdm
bawang merah putih
cabe bubuk (kalau mau agak pedas)
CARA MEMBUAT: 
bawang merah putih dihaluskan bersama ketumbar, tumis sampai harum
masukkan santan, garam, gula, asem, salam,serai, lengkuas, tunggu sampai mendidih
masukkan kelapa parut
aduk terus sampai kering
tips: aduk pas hampir kering aja, biar nggak pegel, tapi pas mendekati kering harus bener-bener ngaduknya biar nggak gosong, kalau cape mending matiin aja dulu apinya.pilih kelapa parutnya yang kecil-kecil.
variasi: dendeng bisa ditemenin ama kerang, enak lho, sebelum masukin kelapanya masukin dulu kerang, setelah matang baru kelapanya.bisa juga ditambah daging sapi, jadi dendeng ragi deh. kalau aku sih bikin biasanya misah dendeng duluan, jika masih bertenaga baru bikin serundengnya
source : bank resepwordpress

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar