Selasa, 27 Mei 2014

Serundeng Garing dan Enak

thumbnail

Kelapa parut kering ini terlihat sepele. Namun, rasa gurih legit dan aroma harumnya bakal bikin keupat komplet jadi makin enak saja. Serundeng yang kuning, garing dan legit ternyata juga tak sulit dibuat sendiri. Bisa dibuat beberapa hari sebelum lebaran tiba. Yuk, intip tips praktisnya!

Kelapa: Bahan utam serundeng adalah kelapa. Pilihlah kelapa yang muda tetapi tidak terlalu lembek, agak sedikit keras teksturnya. Sebaiknya pilih jenis kelapa yang merah agar serundeng lebih cantik tampilannya. Kupas bersih kelapa lalu bilas air hingga lendir di bagian dalamnya larut lalu tiriskan. Parut kelapa dengan parutan tajam dengan arah vertikal sehingga seratnya memanjang.

Bumbu: Untuk 1 butir kelapa sedang, siapkan bumbunya berupa  5 siung bawang putih,1 buah cabai merah (bisa ditambah jika suka pedas), 1 sdt ketumbar, 1 sdt garam, 50 g gula merah yang disisir halus. Haluskan semua bumbu lalu satukan dengan 3 lembar yang diiris kasar, 1 lembar daun salam dan 1 cm lengkuas yang dimemarkan.

Menyangrai: Siapkan wajan besi, panaskan di atas api sedang. Aduk kelapa parut dan bumbu hingga rata lalu masukkan ke dalam wajan. Aduk-aduk terus hingga kelapa mengering dan wangi. Jika terasa terlalu panas, kecilkan api. Jangan memakai api besar karena api besar akan membuat serundeng gampang hangus.

Proses mengaduk juga tidak bisa sesekali dihentikan karena adukan akan membuat serundeng kuning merata, kering dan cantik. Setelah kuning merata dan kering. Angkat serundeng dan dinginkan lalu simpan dalam wadah bertutup. Serundeng bisa tahan disimpan hingga sebulan.

Variasi: Variasi serundeng bisa dengan menambahkan ebi yang ditumbuk halus, kacang tanah goreng atau kacang kedelai goreng. Bisa juga ditambahkan irisan daging has sapi sehingga menjadi daging serundeng. Untuk penyajian, selain sebagai taburan ketupat komplet juga bisa ditumbuk halus sebagai paduan ketan kukus atau ketan kuninga kukus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar